Ciri Ciri Diabetes Pada Anak

Ciri Ciri Diabetes Pada Anak

Ciri Ciri Diabetes -Diabetes atau yang umum dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis mungkin memang lebih sering ditemukan pada orang dewasa saja, namun sebenarnya tidak demikian sebab diabetes juga bisa menyerang anak-anak. Penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya hormon insulin ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, dan dapat menyerang anak -anak hingga orang dewasa.

Selain faktor genetik, penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh buruknya pola makan. Penyakit diabetes yang menyerang anak-anak biasanya merupakan penyakit diabetes mellitus tipe 1 atau DM 1. Diabetes mellitus tipe 1 adalah penyakit diabetes yang terjadi karena menurunnya kadar insulin dalam sirkulasi darah akibat hilangnya sel beta penghasil insulin karena berbagai faktor seperti sistem autoimunitas yang rusak.

Ciri Ciri Diabetes Pada Anak

Apa Saja Ciri Ciri Diabetes Pada Anak ?

  • Sering buang air kecil ciri ciri diabetes. Jika frekuensi buang air kecil anak meningkat secara drastis atau anak Anda yang sudah lama tidak mengompol tiba-tiba mulai mengompol lagi, mungkin Anda harus mulai mewaspadai kemungkinan dia menderita diabetes melitus.
  • Meningkatnya rasa haus dan lapar ciri ciri diabetes. Anak yang menderita diabetes biasanya akan mengalami peningkatan rasa haus dan lapar yang tidak biasa dan sulit dikendalikan. Namun seringkali peningkatan keinginan untuk makan disebabkan oleh kebutuhan energi yang meningkat seiring dengan bertambahnya aktifitas anak.
  • Terlihat lelah dan lesu ciri ciri diabetes. Perhatikan apakah anak Anda yang biasanya bersemangat dalam melakukan aktifitasnya dan kegiatan sehari-harinya tiba-tiba terlihat seperti lesu dan tidak bersemangat.
  • Berat badan menurun ciri ciri diabetes. Anak yang menderita penyakit diabetes cenderung mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis.
  • Kesulitan mengatur emosi ciri ciri diabetes. Anak mudah marah, mudah tersinggung, dan emosinya berbeda dari biasanya
  • Penglihatan kabur ciri ciri diabetes. Ada beberapa kasus dimana anak dapat mengalami gangguan penglihatan akibat terkena penyakit diabetes ini.

Itulah beberapa ciri ciri diabetes pada anak, Anda harus mengenali gejalanya sejak dini dan memikirkan bagaimana perawatannya terhadap anak. Kenali sejak dini penyakit diabetes pada anak Anda dan tangani dari sejak dini karena jika tidak di tangani akan memperbesar kemungkinan terjadinya kematian, tapi yang paling baik ialah menghindari agar anak tidak terkena penyakit diabetes ini.

Tips Mencegah Diabetes Pada Anak

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah mereka dari serangan diabetes yaitu :

  • Cek kondisi kesehatan anak secara berkala. Dalam hal ini, sebagai orang tua harus mengetahui cek jadwal rutin untuk pengecekan kadar gula darah anak.
  • Kurangi atau bahkan hilangkan asap rokok di lingkungan anak.
  • Pastikan aktivitas fisik secara rutin untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berlari. Cukupi olahraga rutin setiap harinya, paling tidak 30 menit.
  • Istirahat yang cukup. Meskipun aktivitas fisik penting, namun istirahat juga harus diperhatikan.
  • Kendalikan stres. Bukan hanya orang dewasa. Stres pada anak juga akan mempengaruhi kesehatan secara umum.
  • Diet sehat. Meskipun anak memiliki ‘warisan’ diabetes, Anda harus mengupayakan agar anak tetap mengonsumsi makanan rendah kalori, dan nutrisi yang seimbang seperti vitamin, mineral, dan juga serat.

Latih anak untuk melakukan olahraga secara teratur, misalnya bersepeda atau berenang. Terutama penderita diabetes pada anak tipe 2, olahraga sangat penting untuk membantu menurunkan berat badannya. Supaya anak lebih bersemangat, mungkin Anda bisa memberikan hadiah sepeda baru dengan warna yang menjadi favoritnya. Apakah Anda menemukan gejala diabetes pada anak pada buah hati Anda? Jika Anda menemukannya, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter. Semoga bermanfaat.

Ciri Ciri Diabetes Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*