Ciri-Ciri Diabetes Basah Parah

Ciri-Ciri Diabetes Basah Parah

Ciri-Ciri Diabetes Basah Parah

Istilah diabetes basah dan kering muncul karena perbedaan kondisi pada penderita yang mengalami diabetes melitus. Istilah lain yang juga sering digunakan dalam masyarakat adalah penyakit kencing manis dan penyakit gula yang sama-sama merujuk pada penyakit diabetes. Perbedaan kondisi pada penderita diabetes disebabkan oleh perbedaan kadar gula dalam darah setiap penderita. Pada penderita diabetes yang memiliki kadar gula yang lebih rendah, saat ia mengalami luka luar, lukanya akan cepat sembuh dan kering. Kondisi ini disebut diabetes kering. Bagi penderita yang memiliki kadar gula tinggi, saat ia mengalami luka, luka ini akan susah sembuh. Kondisi inilah yang disebut dengan diabetes basah.

Jika istilah diabetes basah dan kering tidak dikenal di dalam istilah medis, lalu apa istilah yang benar untuk membedakan penyakit diabetes? Dalam istilah medis, dikenal tiga jenis diabetes yaitu diabetes gestasional, diabetes tipe 1, dan diabetes tipe 2. Diabetes basah dan kering merupakan istilah yang merujuk pada kondisi luka yang terjadi pada penderita diabetes. Diabetes kering memiliki luka yang berbentuk kering. Sedangkan diabetes basah memiliki luka berbentuk basah, karena biasanya ada nanah di atas luka.

 

Ciri-Ciri Diabetes Basah Parah

Penyakit diabetes basah parah akan diiringi dengan beberapa penyakit seperti komplikasi penyakit diabetes pada jantung, gagal ginjal dan strok. Ciri-ciri diabetes basah parah yang memerlukan penanganan serius agar tidak berakibat fatal bagi penderitanya :

 

  1. Luka tidak sembuh-sembuh dan mudah terkena infeksi

Ciri-ciri diabetes basah parah ini sudah banyak orang yang tahu jika penderita diabetes terluka maka luka diabetes basah tersebut susah disembuhkan. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan rusaknya saraf sebagai akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Selain luka susah sembuh penderita diabetes basah parah juga akan mengalami beberapa infeksi. Infeksi terjadi karena fungsi sel darah putih yang biasanya berfungsi sebagai sistem imunitas dalam tubuh tidak lagi berfungsi dengan baik. Sehingga kuman mudah menyerang dan sulit untuk dikendalikan.

 

  1. Berat badan menurun secara drastis

Ciri-ciri diabetes basah parah yang terjadi pada penderita diabetes mungkin berat badan ini bisa mengalami penurunan secara drastis karena sistem dalam tubuh sudah tidak mampu lagi mengubah gula menjadi energi. Sehingga sistem dalam tubuh akan memproses lemak yang ada di daging maupun otot untuk diubah menjadi energi. Sehingga tidak dapat dihindari penderita diabetes yang sudah parah tubuhnya akan semakin kurus.

 

  1. Neuropati atau kerusakan saraf

Pada penderita diabetes akan terjadi kerusakan saraf dan pembuluh darah halus. Apabila ciri-ciri diabetes basah parah ini sudah terjadi berita diabetes akan merasakan sensasi kesemutan pada beberapa organ tubuhnya berawal dari bagian ujung kaki dan tangan yang kemudian akan merembet ke bagian tubuh lainnya. Apabila neuropatik ini terjadi pada organ dalam khususnya organ pencernaan maka akan menimbulkan rasa mual, diare, muntah, konstipasi. Penyebab kesemutan pada penderita diabetes ini perlu diketahui agar deteksi dini terhadap neuropati dapat dilakukan.

 

  1. Kaki rusak parah

Pada penderita diabetes basah yang kadar gulanya semakin tinggi dan susah untuk dikontrol maka akan terjadi kerusakan pada kaki kerusakan ini bisa terjadi akibat luka yang tidak kunjung sembuh atau gatal yang atau gatal-gatal yang menimbulkan infeksi sehingga menjadi luka yang sangat membahayakan. Ciri-ciri diabetes basah parah ini menyebabkan luka tersebut semakin hari semakin melebar dan jika tidak ditangani secara tepat luka tersebut bisa berdampak pada tindakan amputasi agar tidak merembet ke organ tubuh lain yang lebih vital.

 

  1. Kerusakan mata

Kerusakan mata yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah bagian retina mata, atau yang biasa disebut dengan retinopati. Retinopati ini bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak ditangani cara cepat. Selain retinopati komplikasi diabetes pada mata adalah glukoma dan katarak yang masing-masing dan berakibat fatal yaitu kebutaan.

 

  1. Gagal ginjal

Kerusakan pada ginjal terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes yang terlibat berakibat pada pembuluh darah kecil yang ada dalam ginjal gagal fungsi. Jika ginjal sudah megalami penurunan fungsi maka seluruh tubuh akan terkena dampaknya, sebab darah yang seharusnya menjalani penyaringan diginjal menjadi tidak tersaring dengan baik. Dampak dari gagal ginjal ini adalah penderita diabetes mengharuskan untuk melakukan cuci darah secara berkala, yang hal ini akan menjadi tambahan beban bagi penderita diabetes.

Akibat paling buruk dari gagal ginjal ini adalah mengharuskan pasien untuk melakukan transpalantasi ginjal. Tindakan medis yang satu ini jelasnya membutuhkan biaya yang besar, dan sayangnya BPJS tidak memberikan cover tindakan medis ini.

 

Solusi Agar Diabetes Basah Parah Bisa Atasi

Solusi agar diabetes basah parah bisa diatasi atau diturunkan tingkat resikonya adalah dengan cara melakukan tindakan medis pada komplikasi yang dihadapi, serta mendisiplinkan pola hidup yang lebih sehat. Pada kondisi seperti ini sebenarnya sudah tidak ada kompromi lagi bagi penderita diabetes kecuali menjalankan diet karbohidrat secara ketat agar kadar gula darah paling tidak pada posisi semula, tidak mengalami kenaikan. Jika kondisi penderita diabetes basah sudah parah, maka sedikit saja gula darah naik maka akan membahayakan penderita.

Selain melakukan tindakan medis, penderita diabetes basah yang sudah parah juga bisa menjalankan pengobatan tradisional sebagai tindakan alternatif agar penyakit diabetes tidak semkin parah. Demikian ciri-ciri diabetes basah parah, semoga bisa membantu penderita diabetes untuk mengantisipasi agar penyikit kencing manis yang diderita bisa diatasi.

 

 

 

Ciri-Ciri Diabetes Basah Parah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*