Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Peningkatan kadar gula atau glukosa dalam darah dikenal sebagai penyakit diabetes. Glukosa darah dalam tubuh meningkat secara alami setelah Anda makan. Peningkatan dan penurunan kadar gula membuat penderita diabetes menjadi berbahaya. Gaya hidup modern dan pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab utama penderita diabetes. Dalam setiap delapan detik satu orang meninggal di seluruh dunia karena diabetes.

Diabetes memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun bukan berarti Anda jadi merasa putus asa. Jika Anda memiliki diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa lagi tertawa bersama teman-teman atau keluarga. Anda masih bisa menonton film di setiap hari minggu atau pergi ke suatu tempat yang menyenangkan tanpa rasa khawatir. Kuncinya hanya satu, Anda hanya perlu menjaga tingkat gula darah Anda. Apa yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mengatasi diabetes?

Langkah awal untuk mengurangi resiko terkena diabetes dapat dilakukan dengan cara diet rendah glukosa, rendah lemak dan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, secara alami mendukung metabolisme melalui pembakaran lemak dan produksi otot tanpa lemak. Berolahraga setelah makan bisa sangat efektif untuk menjaga kadar glukosa darah yang sehat.

 

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Meskipun ada pilihan pengobatan secara medis yang tersedia untuk mengobati diabetes, perlu anda ketahui bahwa ada berbagai solusi untuk mengobati penyakit diabetes. Cara mengurangi risiko diabetes ini tergolong mudah untuk dipraktekan dan menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:

 

  1. Lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa cara mengurangi risiko diabetes dengan jus tanaman lidah buaya dapat membantu memperbaiki kadar glukosa darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Lidah buaya juga telah terbukti dapat menurunkan lemak atau molekul lipid darah pada pasien diabetes tipe 2. Selanjutnya, lidah buaya dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan, keduanya merupakan komplikasi diabetes yang umum.

 

  1. Lemon

Lemon dicari sebagai makanan super untuk serat larut dan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang keduanya terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes. Serat larut telah terbukti sebagai cara mengurangi risiko diabetes, sekaligus menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol. Vitamin C dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan dapat memperbaiki resistensi insulin.

 

  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-glikemik yang membantu mendukung berfungsinya pankreas, mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin serta mencegah resistensi insulin dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak kunyit sangat efektif sebagai cara mengurangi risiko diabetes dan membantu memperbaiki kerusakan sel beta pankreas.

 

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol tinggi, senyawa hipoglikemik yang membantu memperlancar pelepasan glukosa dari makanan. Polifenol juga meningkatkan efisiensi penggunaan insulin oleh tubuh. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi enam atau lebih cangkir teh hijau setiap hari salah satu cara mengurangi risiko diabetes yang kemungkinannya lebih kecil.

 

  1. Kayu manis

Kayu manis telah terbukti khasiatnya untuk mengobati diabetes dengan merangsang aktivitas insulin. Penyajiannya harus dikonsumsi dalam bentuk murni (kayu manis keylon) untuk menghindari senyawa kuman beracun yang ditemukan pada kayu manis biasa.

 

  1. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang dipercaya bahan yang dapat mengurangi risiko diabetes adalah dengan menggunakan jahe. Jahe sangat berguna untuk mengontrol kadar gula di dalam darah sekaligus meningkatkan penyerapan gula dalam darah menuju otot dan ini membuat insulin tidak diperlukan terlalu banyak sekaligus menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

 

  1. Bawang putih

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, bawang putih ternyata terbukri mempunyai banyak kegunaan untuk menurunkan kadar gula tinggi di dalam darah. Nutrisi pada bawang putih ini juga sangat baik dalam  memperbaiki pankreas sekaligus merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak di dalam tubuh.

 

  1. Mengkudu

Aroma menyengat yang dihasilkan dari salah satu tanaman ini ternyata juga menjadi salah satu cara mengurangi risiko diabetes. Caranya, haluskan 1 buah mengkudu dengan blrender lalu tambahkan dengan air hangat dan minum sampai habis sebanyak 2 kali sehari sampai gula darah sembuh dan penyakit diabetes bisa disembuhkan.

 

  1. Gingseng

Ginseng merupakan salah satu cara mengurangi risiko diabetes dan banyak kandungan dalam ginseng ini yang sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes secara alami dan sudah dibuktikan dan diterapkan sejak lama oleh masyarakat China.

 

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*