Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Cara Mengatasi Diabetes – Pada umumnya penyakit diabetes melitus ini ditemukan di daerah perkotaan, banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes melitus ini adalah penyakit keturunan, padahal dari sejumlah penderita penyakit ini, masih sedikit yang tercatat disebabkan oleh faktor keturunan.Penyakit diabetes melitus pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol atau sebagai efek samping dari pemakaian obat – obatan tertentu. Kebiasan hidup sehari – hari juga sangat mempengaruhi orang terkena diabetes.

Adapun pengertian dari Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis) adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat. Insulin adalah hormon yang dilepas oleh pangreas, yang merupakan zat utama yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang tepat. Insulin menyebabkan gula berpindah ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau di simpan sebagai cadangan energi.

Siapa sajakah yang berisiko terkena penyakit diabetes melitus ?

Orang yang memiliki risiko terkena DM adalah mereka yang telah berusia > 45 tahun atau mereka yang berusia lebih muda tetapi mengalami kegemukan (Indeks Massa Tubuh > 23 kg/m2) dan disertai dengan faktor risiko lain sebagai berikut:

  • Kebiasaan tidak aktif
  • Orang tua menyandang DM
  • Riwayat melahirkan bayi dengan berat lahir > 4 kg atau riwayat DM pada saat hamil (DM gestasional)
  • Kadar kolesterol HDL <50 mg/dl
  • Penderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau keadaan klinis lain yang berhubungan dengan resistensi insulin (gangguan fungsi insulin)
  • Riwayat toleransi glukosa terganggu (TGT) atau glukosa darah puasa terganggu (GDPT)
  • Riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah

Mereka yang memiliki risiko penyakit diabetes melitus dianjurkan melakukan pemeriksaan glukosa darah secara berkala, setahun sekali atau sesuai dengan anjuran dokter. Bahkan akhir-akhir ini, para ahli menganjurkan untuk menambahkan pemeriksaan HbA1c untuk mendeteksi kondisi prediabetes dan juga untuk pemantauannya.

CARA MENGATASI DIABETES

Cara mengatasi diabetes yang dimaksud di sini adalah bagaimana mengontrol kadar gula darah dalam keadaan stabil dan tidak mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Ini yang perlu pertama kali dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus sebelum melakukan upaya pengobatan baik secara medis maupun kimia.

Yang harus dijaga bagi Anda yang sudah menderita diabetes melitus adalah menjaga agar kadar gula tidak melebih angka 150 mg/dl. Lebih bagus lagi ketika Anda bisa menstabilkan pada kisaran 100-120 mg/dl namun ini sangat sulit untuk dicapai bagi Anda yang sudah positif terserang penyakit diabetes.

Penderita diabetes melitus dengan kadar gula pada kisaran 100 – 150 mg/dl insya Allah masih bisa beraktiviatas normal. Lalu bagaimana menjaga kadar gula pada kisaran tersebut dalam kaitannya cara mengatasi diabetes ?

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan secara rutin dan terencana, Berikut cara mengatasi diabetes :

  1. Cara mengatasi diabetes yaitu terapkan pola hidup yang baik dengan aktivitas yang terjadwal.
  2. Jagalah mental Anda dalam kondisi stabil cara mengatasi diabetes.
  3. Hindari stres, marah, dan perasaan takut serta khawatir yang berlebihan.
  4. Poin 1 sd 3 memiliki pengaruh besar terhadap keseimbangan berbagai hormon dalam tubuh kita sehingga banyak sistem kerja tubuh terganggu. Sehebat apapun pengobatan yang akan diterapkan akan sulit mendapatkan hasil yang diharapkan apabila ketiga poin di atas tidak diperhatikan dan ditata dengan baik.
  5. Cara mengatasi diabetes yaitu dengan membatasi atau bahkan hindarilah makanan yang manis-manis.
  6. Cara mengatasi diabetes dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.
  7. Cara mengatasi diabetes dengan menghindari semua jenis makanan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan atau sintesis. Tiga P ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  8. Cara mengatasi diabetes dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan terjadwal.
  9. Cara mengatasi diabetes yaitu turunkan berat badan Anda.
  10. Cara mengatasi diabetes yaitu dengan Berolahragalah secara teratur.
  11. Cara mengatasi diabetes yaitu dengan berhenti merokok .
  12. Bila Anda peminum alkohol, segera hentikan dan jangan coba-coba lagi untuk menyentuhnya. Ini berlaku juga untuk Anda yang masih sehat. Jangan sekali-kali Anda mengkonsumsi minuman ini. Sayangilah tubuh Anda. Setiap tetes alkohol bisa mematikan ratusan sel-sel tubuh Anda.

 

Itulah beberapa cara mengatasi diabetes atau cara mengatasi diabetes melitus. Dengan melakukan cara mengatasi diabetes diatas secara terpadu, semoga Anda akan hidup normal dan bisa beraktivitas dengan baik walau Anda dalam keadaan terkena penyakit diabetes melitus. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*