Bahaya Diabetes Hipoglikemia

Bahaya Diabetes Hipoglikemia

Bahaya Diabetes Hipoglikemia

Bahaya Diabetes Hipoglikemia – Saat ini akan dengan sangat mudah kita mendapatkan alat yang digunakan untuk mengukur kadar gula dalam darah. Karena alat tersebut memang banyak sekali di jual di tempat-tempat distributor alat kesehatan. Biasanya orang yang mengecek kadar gula darahnya adalah akibat terkena diabetes melitus. Yaitu sebuah penyakit yang membuat gula dalam darahnya tinggi. Jarang sekali orang memeriksakan kadar gulanya dalam kadar yang rendah. Padahal sebenarnya keadaan kadar gula yang rendah dalam tubuh jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan keadaan kelebihan kadar gula dalam tubuh.

Memang untuk penyakit kekurangan gula dalam darah ini tidak sepopuler orang yang kelebihan gula, namun penyakit hipoglikemia ini juga memiliki efek yang berbahaya juga bagi tubuh, bahkan ada yang mengatakan kekurangan gula dalam darah jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan orang yang kelebihan gula. Berikut ini adalah beberapa Bahaya Diabetes Hipoglikemia :

  1. Memicu munculnya penyakit jantung

Bahaya Diabetes Hipoglikemia yang pertama yaitu akan memicu penyakit jantung. Orang yang memiliki gula darah yang rendah dalam tubuhnya akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular.

  1. Memicu kerusakan otak

Bahaya Diabetes HipoglikemiaJika kadar gula dalam darah seseorang menjadi rendah harus segera diberikan sesuatu yang manis untuk segera meningkatkan kadar gulanya, karena Bahaya Diabetes Hipoglikemia yang dapat ditimbulkan yaitu dapat memicu hilangnya kesadaran dan pada akhirnya berakibat pada kerusakan yang terjadi pada otak. Pada saat seseorang dalam keadaan kekurangan gula dalam darah tentu persediaan glukosa ke otak akan berkurang dan bahkan jika dalam 4 manit otak tidak segera mendapatkan suplai glukosa maka bisa terjadi kondisi mati otak.

  1. Efek yang ditimbulkan berlangsung cepat

Bahaya Diabetes Hipoglikemia yang mengancam selanjutnya yaitu ketika seseorang kekurangan gula dalam darahnya, maka ia bisa langsung dalam keadaan drop secara seketika, dan penanganannya juga harus secara cepat. Berbeda dengan orang yang kelebihan masih memiliki waktu yang lumayan panjang untuk mendapatkan efeknya.

 

Setelah kita mengetahui Bahaya Diabetes Hipoglikemia yang ditimbulkan akibat kekurangan gula dalam darah, akan lebih afdhol lagi jika kita mengetahui penyebab seseorang dapat mengalami kekurangan gula dalam darah:

  1. Akibat terlalu banyaknya insulin yang dikeluarkan oleh pankreas
  2. Dosis insulin atau obat lainya yang kadarnya terlalu tinggi, yang diberikan kepada para penderita diabetes untuk menurunkan kadar gulanya.
  3. Adanya kelainan pada kelenjar hipofisa atau kelenjar adrenal.
  4. Adanya kelainan pada masalah penyimpanan karbohidrat atau pembentukan glukosa yang ada di hati.  – Bahaya Diabetes Hipoglikemia
  5. Akibat berpuasa
  6. Adanya reaksi terhadap makan, biasanya terjadi dengan karbohidrat. Seseorang yang mengkonsumi karbohidrat juga akan menurun gula dalam darah. Zat ini malah akan menyebabkan beberapa organ seperti pankreas, hari dan kelenjar adrenal kehilangan kemampuan mereka untuk memproses gula secara benar. Akibatnya membuat gula anda menurun.   – Bahaya Diabetes Hipoglikemia
  7. Karena akibat telah melakukan diet tertentu yang memiliki aturan mengurangi kdar gula dalam makanan yang dikonsumsi.
  8. Adanya tumor atau terganggunya fungsi hati akan mengakibatkan gula dalam darah anda menjadi menurun.
  9. Akibat telah melakukan olah raga yang berlebihan. Pada saat seseorang berolah raga tentu saja membutuhkan tenaga dan energi yang lebih besar dan biasanya akan sebagian akan diambilkan dari gula dalam tubuh anda. Jika pengambilanya terlalu besar otomatis persediaan gula akan menurun.

Setelah mengetahui Bahaya Diabetes Hipoglikemia karena memiliki kadar gula dalam darah yang rendah, mulai sekarang hendaknya berhati-hati dan selalu menjaga kondisi gula dalam keadaan normal.

 

Bahaya Diabetes Hipoglikemia

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*